Menggambar gaya Manga menggunakan AI (Adobe Illustrator) Part 1

jika Anda menyukai dan menggunakan Software bernama Illustrator atau mau memakainya seperti kami silakan dinikmati.


pertama siapkan alat dan bahan, seperangkat PC ukuran sedang (penting kuat nampung AI CS one)



siapkan worksheet yang mau dipake, biar gambarnya jelas bikin halaman size A4 saja. orientasi ukurannya terserah yang mau pake, sayangnya aku lebih suka pake cm kerana enak di mata, hehehe.









Masuk ke peralatannya, kita bakal butuh garis bantu yang di buat pake Line Segmen Tool sebagai kerangka nempatin mata, mulut, idung dan telinga. lalu buat bikin gari lengkung sebangsa dagu kita manfaatin yang namanya pen tool. jangan lupa non aktifkan fill color dari pen tool nya biar nyisa garis luarnya saja. OK mari lanjut membuat gambar gaya manga tampak dari depan.













ini dia yang di bikin sebagai permulaan.
buat garis berantakan seperti gambar di samping.
satu tegak dan dua horizon berurut atas bawah. fungsi dari garis tegak sebagai reflektor alias cermin -.- kan bentuk wajah normalnya simetri kiri kanan nya jadi di bagi dua saja seperti begino.
garis horizon 1 (atas) membantu mengatur posisi penggambaran mata
garis horizon 2 (bawah) membantu mengatur posisi penggambaran mulut.




Wokey,
garis mayanya sudah, di bedain aja pake warna biru biar gag ganggu.
lanjut dengan membuat garis lengkung mengelilingi garis maya yang di buat. Sebenarnya untuk membuat agar tampak simetri kayak contoh bikin satu garis dulu baru di copy dan di cerminkan.

caranya di bawah ini....


kalo Transform--> Reflect di klik yang muncul ginian...
















OK, di lanjut ke tambah alis mata, dari gambar kelihatan kan kalo alis di buat sejajar dengan garis horizon 1 . lalu buat nambah mata di bawahnya kasih lagi garis bantu,
yang putus2 atas buat mata
yang putus2 bawah buat nempelin kembang idung.
biar nggak bikin rancu mana yang garis bantu mana yang outline kasi warna yang beda lagi, pake biru saja biar sama kayak garis maya.



Sip... sudah ketambahan mata agak berbentuk sekarang.
buat bikin mata sama alis cukup satu saja lalu di copi dan di cerminkan mirip kayak bikin setengah muka di atas. karena itu bersyukurlah yang mukanya simetris hehehe...



Mata udah... tambahkan idung sesuai dengan pertemuan garis tegak dan garis putus2 bawah.
Ya otomatis garis yang nyisa alias garis maya bawah di pake buat menentukan letak gambar mulut. Corek deh di perpotongan garis nya.





Kelar... kelar hampir kelar....
biar kelihatan manusia tambahkan telinganya,
jarak antara garis putus2 atas dan putus2 bawah adalah gambaran tinggi telinga. Rasakan sendiri kalau tinggi telinga kita itu ternyata sama dengan tinggi tidung kita.




Yap >..< ayo tambah rambutnya....
silakan aktifkan fill color pada pen tool biar langsung kelihatan area yang ditutup, tapi kalo mau diaktifkan belakangan ya OK saja kok.







Last...Last....Last!!!
pilih area wajah dan silahkan aktifkan fill color untuk area wajah, isi dengan warna krem atau lazimnya warna kulit manusia.
hehehehe

0 komentar:

Posting Komentar